header 2

𝘉𝘭𝘰𝘨 𝘪𝘯𝘪 𝘩𝘢𝘯𝘺𝘢 𝘱𝘦𝘯𝘥𝘢𝘱𝘢𝘵 𝘱𝘳𝘪𝘣𝘢𝘥𝘪 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘮𝘦𝘯𝘥𝘶𝘬𝘶𝘯𝘨 𝘬𝘦𝘮𝘢𝘫𝘶𝘢𝘯 𝘐𝘯𝘥𝘰𝘯𝘦𝘴𝘪𝘢 𝘮𝘦𝘭𝘢𝘭𝘶𝘪 𝘱𝘦𝘯𝘨𝘢𝘥𝘢𝘢𝘯 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘶𝘥𝘢𝘩 , 𝘦𝘧𝘪𝘴𝘪𝘦𝘯,𝘦𝘧𝘦𝘬𝘵𝘪𝘧,𝘵𝘳𝘢𝘯𝘴𝘱𝘢𝘳𝘢𝘯,𝘣𝘦𝘳𝘴𝘢𝘪𝘯𝘨, 𝘢𝘥𝘪𝘭/𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘥𝘪𝘴𝘬𝘳𝘪𝘮𝘪𝘯𝘢𝘵𝘪𝘧 𝘥𝘢𝘯 𝘢𝘬𝘶𝘯𝘵𝘢𝘣𝘦𝘭.

Pengadaan Kendaraan dinas

Bagaimana proses pengadaan kendaraan dinas ?

Tabel berikut dimisalkan sebagai informasi di portal pengadaan nasional., tabel ini menjadi acuan HPS


Melihat acuan HPS di portal pengadaan nasional. Kemudian survai HPS ke dealer untuk harga on the road plat hitam (kalo survai jangan pakai seragam dinas kantor dan cerita akan beli mobil plat merah, selanjutnya kalo harga nggak turun, katakan akan cari merek lain atau dealer lain).  Dicari informasi mengenai harga discount, masa jual untuk suatu produk atau tipe mobil  dan kemungkinan akan munculnya produk-produk atau tipe yang baru.

Misal dari  Rp. 216.433.000  menjadi Rp. 215.000.000 selanjutnya dicatat harga  tersebut sebagai harga HPS. 

Berikutnya pokja ulp melakukan transaksi dengan melakukan negosiasi harga dengan patokan tidak boleh melebihi on the road plat merah misal tidak boleh lebih dari Rp. 216.433.000(sebagai contoh). Yang dapat dinego adalah item Harga Off The Road misal Rp. 198.000.000 sebagai contoh. 

Akhirnya bisa dinego Rp. 198.000.000 menjadi  Rp. 196.100.000 sehingga totalnya menjadi :

Rp. 196.100.000
Rp. 865.000
Rp. 17.300.000
Rp. 268.000
==========
Rp.  214.533.000.

Bendahara memotong PPN dikenakan dari Rp. 196.100.000 : 11  =  Rp. 17.827.273
PPH  = (196.100.000-17.827.273)x 1.5/100 = 2.674.091.

SPM senilai Rp. 214.533.000, yang diterima bersih dealer adalah  SP2D sebesar
214.533.000- 17.827.273 - 2.674.091 =  Rp. 194.031.636


Bila dealer sudah setor sendiri PPN Rp. 17.827.273  dan PPh Rp. 2.674.091, dan ada bukti setor
Maka SPM dan SP2D yang diterbitkan adalah senilai  194.031.636  

PORTAL KENDARAAN DINAS 


Peraturan Kepala LKPP No. 3 tahun 2012 tentang Pedoman Penunjukan Langsung Pengadaan Kendaraan Pemerintah di Lingkungan K/L/D/I

 SE 21-PJ.51-2000 tentang PPN dan PPN BM dalam tata niaga kendaraan bermotor

Post a Comment

12 Comments

  1. untuk perhitungan ongkos kirimnya gimana pak? terima kasih.

    ReplyDelete
  2. apa dasar pembelian kendaraan roda 2 maupun roda 4?
    misalnya di suatu kabupaten kendaraan roda 2 merek kawasaki klx yg cukup mahal atau roda 4 toyota fortuner, apa yg menjadi dasar kendaraan tersebut di beli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ijin menjawab ya pak, saya rasa dasarnya adalah spesifikasi teknis yg dibuat,sesuai dengan kebutuhan lokasi/daerah

      Delete
  3. mohon untuk pihak lkpp mensosilisasi kepada pihak instansi pemerintah dan mohon informasi juga kalau ada salah pemotongan pajak yang dilakukan oleh instansi pemerinta, karena instansi pemerintah masih ada yang memotong seperti membeli barang komputer jadi terjadi lebih bayar pajak,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon ijin pak,Instansi pemerintah wajib memotong pajak kepada pihak penyedia barang/jasa.kecuali pihak penyedia telah membayarkan pajak atas kegiatan tsb dengan melampirkan bukti setor

      Delete
  4. Mau tanya pak.. kalau ada 2 kendaraan dlm satu pengajuan bisa tdk? motong pajak bgmna?

    ReplyDelete
  5. pa.. mau tanya.. kenapa ppn di bagi 11% bukan 10% ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin pajak tersebut ditambahkan dengan PPH?

      Delete
    2. Harga sudah termasuk ppn, alias 110%. Matematika.

      Delete
  6. Mau tanya juga ini pak, Bagaimana cara perhitungan (rumus) Dasar Pengenaan Pajak On The Road Kendaraan Bermotor setelah PPN dan PPh pada Instani Pemerintah yang benar ???
    Mohon Penjelasan dan tolong berikan contohnya.

    ReplyDelete
  7. Kepada Yth,
    PERUSAHAAN
    DI TEMPAT

    Up : Pimpinan /HRD/finance dept perusahaan

    Perihal : Penawaran Penerbitan Bank Garansi & Asuransi,
    Tanpa Agunan, (Non Collateral)
    Bersama ini Kami ingin memperkenalkan diri, bahwa CV. ANUGERAH JAYA ABADI adalah Perusahaan yang bergerak dibidang Jasa Penerbitan Jaminan Bank Garansi dan Asuransi Tanpa Agunan (Non Collateral), Proses Cepat, Bisa dicek Keabsahanya dan Polis Di Jamin kami antar.

    Jenis jaminan yang kami terbitkan yaitu sbb:
    1.Jaminan Penawaran ( Bid Bond )
    2.Jaminan Pelaksanaan ( Peformance Bond )
    3.Jaminan Uang Muka ( Advance Payment Bond )
    4.Jaminan Pemeliharaan ( Maintenance Bond )
    5.Jaminan pembayaran akhir tahun ( SP2D )

    Jenis jaminan Asuransi kami terbitkan antaranya sbb:
    • PT. Asuransi ASKRINDO
    • PT.Asuransi JASINDO
    • PT.Asuransi ASEI
    • PT.Asuransi SINARMAS
    • PT.Asuransi JAMKRINDO
    • PT.Asuransi ASKRIDA
    • PT.Asuransi BUMIDA
    • PT.Asuransi ACA
    • PT.Asuransi MEGA PRATAMA
    • PT.Asuransi BOSOWA PERISKOP
    • PT.Asuransi RAYA
    • PT.Asuransi BERDIKARI
    • PT.Asuransi RAMAYANA
    * PT.Asuransi REKAPITAL
    Jenis Bank Garansi Kami terbitkan sbb:
    * Bank Mandiri
    * Bank BRI
    * Bank BNI
    * Bank BTN
    * Bank SYARIAH BUKOPIN

    Besar harapan kami kiranya perusahaan kami diberikan kesempatan dan kepercayaan untuk berpartisipasi dalam kegiatan perusahaan bapak/ibu kelola terutama dalam hal perlindungan terhadap resiko (Wan Prestasi) baik itu proyek yang sedang berjalan / akan dilaksanakan maupun proyek yang sudah berjalan kami memberikan prosedur yang relative mudah yaitu proses cepat serta jaminan polis siap di antar.
    Demikianlah penawaran ini kami sampaikan, semoga ini merupakan awal kerjasama yang baik dan berkesinambungan dimasa yang akan datang. Sambil menunggu konfirmasinya Kita ucapkan terima kasih.


    Best Regards
    CV. ANUGERAH JAYA ABADI
    Ruko Legenda Park Blok C No.37 Jl. Dukuh Zamrud Selatan
    Mustika Jaya - Bekasi

    From : HENDRO SAPUTRA

    No Hp : 0812 9354 8745, 0813 8424 3119

    Telp : (021) 8262 3655

    Email :hendrosaputra953@yahoo.com

    ReplyDelete
  8. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    ReplyDelete