Tuesday, July 22, 2014

Pemindahan lokasi pekerjaan dalam kontrak dan terlambat kontrak



Kontrak dilaksanakan senilai Rp. 400 juta untuk pekerjaan pagar.
Kondisi lapangan, dinilai lokasi pagar diperlukan pemindahan lokasi.
Kontrak dimulai 1 Mei 2014 s.d. 23 Juli 2014.
Kontrak seharusnya dilaksanakan tanggal 1 Mei 2014, karena perubahan lokasi (gambar dsb) sehingga menjadi 11 Mei 2014 ( terlambat 10 hari ) dan ada penambahan volume. Terhadap penambahan volume dapat mengakibatkan perubahan nilai kontrak. Penambahan nilai kontrak dibatasi s.d. 10% nilai total kontrak.
Sekarang pekerjaan  belum selesai. Sudah ada teguran dua kali terhadap penyedia tersebut.  Bagaimana tindakan kami, diputus kontrak atau diteruskan ?
Terhadap permasalah tersebut, agar dilihat dari azsas kompensasi ?
Terhadap pemindahan lokasi tersebut agar diberikan azasd kompensasi perubahan batas waktu kontrak yang semula tanggal 23 Juli 2014 menjadi s.d. 3 Agustus 2014.
Diidentifikasi s.d. 3 Agustus 2014, pekerjaan akan tidak selesai.  Mengenai hal ini agar dilihat dari azas manfaat dan kesanggupan penyedia.
Dalam hal pekerjaan dinilai bila ada pemtusan kontrak negara dari segi manfaat akan mengalami kerugian lebih besar dan penyedia mampu maka kontrak dapat diteruskan (kesempatan perpanjangan waktu).
Dalam PPK tidak memiliki kompetensi untuk menilai teknis kontrak maka dapat dibentuk tim teknis.
Atas perpanjangan waktu, baik karena azas kompensasi maupun atas  kesempatan perpanjangan waktu, maka jaminan pelaksanaan agar diperpanjang.
Penyedia atas perpanjangan waktu melebihi tanggal 3 Agustus akan dikenakan denda.
Dalam hal penyedia setelah diberi perpanjangan waktu (bukan azas kompensasi) tidak selesai juga maka terhadap pemutusan kontrak dikenakan sanksi pencairan jaminan pelaksanaan dan dikenakan daftar hitam.

No comments:

Post a Comment