Monday, January 26, 2015

DALAM MASA KONTRAK TERJADI PUTUS KONTRAK DAPAT DILAKUKAN PENUNJUKAN LANGSUNG

"Dalam hal dilakukan pemutusan Kontrak secara sepihak oleh PPK karena kesalahan Penyedia Barang/Jasa Kelompok Kerja ULP dapat melakukan Penunjukan Langsung kepada pemenang cadangan berikutnya pada paket pekerjaan yang sama atau Penyedia Barang/Jasa yang mampu dan memenuhi syarat." 

Perpres 4 tahun 2015 Pasal 93 ayat 3

Apakah perlu ditunjuk penyedia lain untuk menyelesaiakn pekerjaan ? Tentunya disesuaikan dengan kebutuhan, bahwa apakah perlu diteruskan atau tidak, berdasar asas manfaat, mencegah kerugian negara, atas mangkraknya pekerjaan ( terbengkalainya pekerjaan).

Misal  masa kontrak dari tanggal 2 Juni 2015 -  12 Desember 2015
Bisa terjadi pemutusan kontrak sejak awal kontrak, misal penyedia mengundurkan diri dsb, ketika prestasi pekerjaan masih nol.
Bisa terjadi ditengah masa kontrak misal 6 Agustus 2015, oenyedia terlmbat progressnya, sudah ditegur dua kali, tetap tidak ada kemajuan pekerjaan. dst
Bisa terjadi di akhir masa kontrak misal tanggal 1 Desember 2015.

Bagaimana dengan harga kontrak yang baru, apakah harus sama dengan nilai sisa kontrak ?
Tentunya disesuaikan dengan ruang lingkup pekerjaan yang akan diselesaikan dan harga pada saat sekitar kontrak diputus. Bisa terjadi harga pasar naik, sehingga harga kontrak lebih tinggi dari nilai sisa kontrak 

No comments:

Post a Comment