Monday, February 16, 2015

dapat dimulai sebelum RUP diumumkan


Pelaksanaan pemilihan penyedia dapat dimulai sebelum RUP diumumkan, untuk:
1) pengadaan Barang/Jasa yang membutuhkan waktu perencanaan           dan persiapan pelaksanaan pengadaan Barang/Jasa yang lama;
Misal pengadaan pekerjaan konstruksi dengan pelelangan/seleksi serta masa pekerjaan konsultan konstruksi dan masa pekerjaan kontruksi  yang bisa lebih dari satu tahun bila terlambat lelang dan atau terlambat kontraknya.

2) pekerjaan kompleks; dan/atau
3) pekerjaan rutin yang harus dipenuhi di awal tahun anggaran dan tidak boleh berhenti. 
Misal pekerjaan makan minum rumah sakit, makan minum rutan/lapas, pengadaan badan usaha cleaning service dan pengadaan badan usaha jasa keamanan.



Pasal 73**)

(1)       Kelompok Kerja ULP segera mengumumkan pelaksanaan pemilihan Penyedia Barang/Jasa secara luas kepada masyarakat setelah RUP diumumkan. (Perpres 4 tahun 2015)
(2)      Untuk Pengadaan Barang/Jasa tertentu, Kelompok Kerja ULP dapat mengumumkan pelaksanaan pemilihan Penyedia Barang/Jasa secara luas kepada masyarakat sebelum RUP diumumkan. (Perpres 4 tahun 2015)
Penjelasan
Dalam hal pemilihan Penyedia Barang/Jasa dilakukan mendahului penetapan DIPA/DPA, isi pengumuman pemilihan Penyedia Barang/Jasa harus memuat kondisi bahwa:
a. DIPA/DPA belum ditetapkan; dan
b. apabila proses pemilihan Penyedia Barang/ Jasa dibatalkan karena DIPA/DPA tidak ditetapkan atau alokasi anggaran dalam DIPA/DPA yang ditetapkan kurang dari nilai pengadaan yang diadakan, kepada Penyedia Barang/Jasa tidak diberikan ganti rugi.
Pengadaan Barang/Jasa tertentu yang proses pemilihan Penyedia Barang/Jasa dapat diumumkan sebelum RUP diumumkan antara lain:
a. pengadaan Barang/Jasa yang membutuhkan waktu perencanaan dan persiapan pelaksanaan pengadaan Barang/Jasa yang lama;
b. pekerjaan kompleks; dan/atau
c. pekerjaan rutin yang harus dipenuhi di awal tahun anggaran dan tidak boleh berhenti
(Perpres 4 tahun 2015)

No comments:

Post a Comment