header 2

𝘉𝘭𝘰𝘨 𝘪𝘯𝘪 𝘩𝘢𝘯𝘺𝘢 𝘱𝘦𝘯𝘥𝘢𝘱𝘢𝘵 𝘱𝘳𝘪𝘣𝘢𝘥𝘪 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘮𝘦𝘯𝘥𝘶𝘬𝘶𝘯𝘨 𝘬𝘦𝘮𝘢𝘫𝘶𝘢𝘯 𝘐𝘯𝘥𝘰𝘯𝘦𝘴𝘪𝘢 𝘮𝘦𝘭𝘢𝘭𝘶𝘪 𝘱𝘦𝘯𝘨𝘢𝘥𝘢𝘢𝘯 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘶𝘥𝘢𝘩 , 𝘦𝘧𝘪𝘴𝘪𝘦𝘯,𝘦𝘧𝘦𝘬𝘵𝘪𝘧,𝘵𝘳𝘢𝘯𝘴𝘱𝘢𝘳𝘢𝘯,𝘣𝘦𝘳𝘴𝘢𝘪𝘯𝘨, 𝘢𝘥𝘪𝘭/𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘥𝘪𝘴𝘬𝘳𝘪𝘮𝘪𝘯𝘢𝘵𝘪𝘧 𝘥𝘢𝘯 𝘢𝘬𝘶𝘯𝘵𝘢𝘣𝘦𝘭.

AHS ( ANALISA HARGA SATUAN ) . .. Total harga penawaran DARI PENYEDIA DI BAWAH 80% DARI HPS ?

AHS = ANALISA HARGA SATUAN
Hampir semua item pekerjaan untuk membuat EE/HPS ada masing-masing AHSnya
Jadi dalam membuat EE/HPS diperlukan adanya AHS.
AHS sekarang telah ada SNI nya, berlaku untuk seluruh Indonesia.
Bagaimana bila ada AHS yang berbeda dengan SNI, tentunya konsultan perencana harus memberikan justifikasinya.

Kalo AHS yang disampaikan oleh penyedia untuk  dasar harga penawaran penyedia, berbeda antara AHS dari EE/HPS dengan AHS dari penawaran penyedia dan nilai penawaran penyedia <80% HPS. 
Pokja lalu menggugurkan penyedia pada evaluasi kewajaran harga. 
Bagaimana pendapat Bapak/Ibu..?

Respon....
Pertanyaan ini...tergantung pada dokumen lelang yang mana yang digunakan ...begitu ...Kalo doklel ikut versi permen pupr 31 2015 akan bisa gugurkan...( dalam dokumen pengadaan versi PUPR, penyedia akan diminta untuk menyampaikan AHS).
Kalo dok lelang memakai permen pu 31 th 2015 untuk penawaran dibawah 80% hasil evaluasi AHS maka penawaran bisa dinyatakan tidak wajar sehingga akan digugurkan.
Tapi tidak otomatis langsung gugur, wajib dilakukan analisa dan klarifikasi dulu terkait kelogisan dari penawaran tersebut, logis dalam pencapaian mutu dan dengan harga terebut penyedia bisa (tidak rugi).

Disebutkan sebagai berikut :
Analisa Harga Satuan dan Analisa Teknik Satuan Pekerjaan pada saat klarifikasi kewajaran harga terhadap penawaran di bawah 80% HPS akan diminta, untuk kepentingan evaluasi dan tidak menjadi bagian dari ketentuan kontrak. 

AHS bukan bagian dari ketentuan kontrak.

Tetapi kalo pelelangannya memakai doklel lkpp, maka penyedia tidak disyaratkan menyampaikan AHS.
Bila secara total, ada penawaran yang akan menang dibawah 80%, maka diklarifikasi kesanggupannya dan   jaminan pelaksanaan menjadi 5 % x hps ( dalam pelaksanaan kontrak diperlukan pengendalian kontrak yang baik).
Disini mengandung maksud, bahwa instansi itu tidak membeli proses dengan meributkan AHS tetapi membeli hasil pekerjaan dengan mutu yang memenuhi.
Kalau mutu tidak dipenuhi oleh penyedia (kontraktor), ya ditolak.

Kalau AHS harus sama koefisiennya, itu salah.
Yg harus sama adalah spek atau mutunya. Utk mencapai mutu tsb bisa berbeda,Buku BOW saja juga tdk sama, kok dok lel mengharuskan sama. Pasti Pokjanya bukan orang konstruksi. Utk memastikan bhw spek/mutunya tercapai, harus dites. Karena itu di pek konstruksi banyak sekali tes. Kalau tes gagal, berarti komposisi/koefisiennya tdk tepat, dst. (Harmawan Kaeni )

AHS mendasarkan pada SNI.
SNI yang ditetapkan oleh BSN, adalah benar, namun dalam pelaksanaannya, kemungkinan karena lokasi, tenaga kerja, bahan, metode  dan motivasi penyedia sehingga tidak bisa persis...bagaimana seperti ini,,,,bisa dipahami diterima,,,dalam hal mutu tercapai memenuhi...

Contoh penyedia dalam melakukan penawaran mempunyai motivasi tidak mengambil keuntungan, asal pegawai dan alat tidak menganggur, supaya pekerja dapat digaji, supaya alat tidak rusak karena tidak digunakan..

Auditor atau aparat penegak hukum, masih sering melihat AHS dan keanehannya AHS ?
Seharusnya jangan meributkan proses, agar dilihat hasil pekerjaan apakah sesuai mutu yang disyaratkan...
dan yang harus dicari seharusnya adalah niat jahat yang terbukti seperti suap, pemalsuan dan fiktif.
Bukan salahnya prosedur pengadaan atau buruknya manajemen kontrak 

AHS perlu dilihat setelah pekerjaan selesai ?
Mungkin yang dilihat adalah mutunya telah sesuai atau belum dengan spek dalam kontrak.

Ketika memeriksa pekerjaan. konstruksi yang digunakan harusnya logika konstruksi. 
Contoh untuk pekerjaan beton K 350 dengan AHS yang ada, ternyata ahs tdk sesuai dg pelaksanaan, sementara tes kubus beton memenuhi. 
Auditor menilai selisih rincian ahs sebagai kerugian. 
Bgmn bila pelaksanaan sesuai ahs tetapi tes kubus beton tdk lulus?

Kalo kita beli rendang ..apakah kita tanya cara masak dan komposisi bumbunya....kalo seperti saya memasaknya masih melihat resep...kalo uda restoran....nggak perlu lihat resep...malah enak masakan uda restoran.
Kalo masakan uda restoran, asin banget tidak seperti biasanya, barulah kita komplain,,,alun rancak bana bang :)

Jadi bagaimana membuat spek yang baik dan bagaimana menerima pekerjaan yang sesuai spek..ini adalah masalah utamanya..dalam menilai hasil kontrak....
daripada dibandingkan menanyakan kembali mengenai analisa harga satuan seperti apa...

JADI AHS
1. Diperlukan untuk membuat EE/HPS
2. Penyedia dalam menawar bila menawar dibawah 80% akan diminta menyampaikan AHS atau tidak, hal demikian sesuai yang disyaratkan oleh kita dalam dokumen pengadaan.
3. auditor/aph tidak perlu mempermasalahkan AHS dari penyedia ( jika disyaratkan dalam pelelangan , AHS akan diminta disampaikan bila menawar kurang dari 80% HPS dan AHS ini tidak menjadi bagian dari kontrak).
Yang perlu ditanyakan adalah hasil pekerjaan / spek apakah sudah sesuai minimal yang disyaratkan .. Apakah AHS dari EE/HPS perlu dipermasalahkan oleh auditor/aph untuk menilai kewajaran harga ?
Yang perlu dipemasalahkan bukan AHS/HPS yang sudah dibuat tetapi adalah harga total kontrak (bukan rincian harga kontrak) dibandingkan dengan kewajaran harga pasar yang apple to apple. Jadi bukan harga AHS/HPS.

Selanjutnya bila ingin mempelajari HARGA SATUAN TIMPANG
Silakan klik di 
1. http://www.mudjisantosa.net/2012/06/harga-satuan-timpang.html
2. http://www.mudjisantosa.net/2015/04/harga-satuan-timpang.html
3. http://www.mudjisantosa.net/2016/03/harga-satuan-timpang-kaitannya-dengan.html



Post a Comment

8 Comments

  1. Pak Mudji, kalau saya mau berkomunikasi bisa menghubungi kemana ya.

    Terima kasih
    Pramudya
    pramudya.sp@gmail.com

    ReplyDelete
  2. Apakah Anda dalam kesulitan keuangan? Apakah Anda perlu
    pinjaman untuk memulai bisnis atau untuk membayar tagihan Anda?
    Kami memberikan pinjaman kepada orang yang membutuhkan bantuan dan kami memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%.
    Terapkan Sekarang Via Email: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu Kelly

    ReplyDelete
  3. Halo,
    Nama saya Wulan Sari dari Jakarta di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran kepada semua orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, saya mengajukan pinjaman sekitar 220 juta dari seorang wanita di Turki dan saya kehilangan sekitar 10 juta Tanpa mengeluarkan pinjaman, mereka berkali-kali meminta bayaran, saya membayar hampir 10 juta uang jadi saya tidak mendapat pinjaman, ada yang menunjukkan kepada saya sekitar 4 kali dua wanita yang berbeda di Filipina, saya harap saya akan bertemu dengan benar. Orang, tapi aku tidak.

    Tuhan adalah kemuliaan, saya bertemu dengan seorang teman yang baru saja mengajukan pinjaman, dan dia mendapat pinjaman tanpa tekanan, jadi dia mengenalkan saya pada pinjaman Mrs.Loana George, CEO GUARD TRUST LOAN, dan saya mengajukan 150 juta, saya Pikir itu adalah lelucon dan penipuan, tapi saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya 2% tanpa agunan. Saya sangat senang karena saya selamat dari kemiskinan
    Jadi saya saran semua orang di sini yang membutuhkan pinjaman untuk dihubungi
    Nyonya Loana George melalui email: loanageorge11@gmail.com

    Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: sariwulan3600@gmail.com

    Sekali lagi terimakasih untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran

    ReplyDelete
  4. KESAKSIAN BAGAIMANA SAYA MENDAPATKAN PINJAMAN SAYA DARI PERUSAHAAN PINJAMAN DAN TERPERCAYA. Saya bernama Theresia Widiyasari dan saya tinggal di Australia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar berhati-hati karena ada penipu di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial, dan karena keputusasaan saya, saya dibohongi oleh beberapa pemberi pinjaman online dengan nilai Rp75.890.000. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya yang merupakan seorang polisi merujuk saya ke sebuah perusahaan pinjaman yang sangat andal bernama DONNAHALL FUNDING LLC yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp950.000.000 dalam 24 Jam tanpa tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman apa pun, cukup hubungi mereka sekarang melalui email: (donnahallfundingllc@gmail.com). Saya menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman karena saya melewati di tangan para pemberi pinjaman palsu.
    Jika Anda memiliki pertanyaan, hubungi saya: {theresiawidiyasari@gmail.com}

    ReplyDelete
  5. 1. Apakah analisis SNI merupakan analisis yg baku?
    2. Jika dalam dokumen lelang menggunakan analisis SNI, bolehkah kita menawar menggunakan analisis sendiri (BOW atau analisis manual misalnya)?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya dari penjelasan pak mudji, penyedia sah sah saja menawar dgn analisa yg berbeda

      Delete
  6. Keajaiban tidak akan pernah berakhir, saya berdoa untuk allah untuk memberkati Nyonya Esther Patrick, saya kehilangan Ewita warga negara Indonesia, saya tinggal di JL.kutisari selatan geng ekonomi No. 13-G, Indonesia. Ibu saya mengatakan kepada saya bahwa dia akan melalui internet dan datang ke publikasi Nyonya Esther Patrick, mengatakan bahwa fasilitas kredit telah memberinya pinjaman kepada masyarakat umum dengan suku bunga sangat rendah 2% persen, Anda dapat menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui emailnya: [estherpatrick83@gmail.com].

    Jadi, saya memberi tahu teman saya tentang pandangan meminjam dari Nyonya Esther Patrick, dan dia mengatakan dia tidak akan memberi tahu saya bahwa saya tidak meminjam dari Nyonya Esther Patrick, tetapi saya perlu meminjamkan sejumlah kecil untuk memeriksa apakah perusahaannya adalah perusahaan.

    Jadi, saya bertindak atas sarannya dan menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui emailnya: [estherpatrick83@gmail.com] yang diposkan oleh ibu saya, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp200.000.000. Nyonya Esther Patrick menanggapi saya dan mengirimi saya semua syarat dan ketentuan perusahaannya yang saya baca dan saya menyetujui persyaratannya.Setelah persetujuan permohonan pinjaman, saya menerima pemberitahuan dari bank saya bahwa jumlah Rp200.000.000 dikreditkan ke rekening bank saya dari perusahaan Nyonya Esther Patrick.
    Saya sangat senang dan berbagi kabar baik dengan ibu saya dan teman saya yang menyarankan saya untuk terus maju.Ia menyelesaikan pembayaran kembali pinjaman tersebut pada 07 Juli 2018, dan saya meminta sejumlah Rp550.000.000 yang juga saya terima di rekening bank saya setelah prosedur itu dilakukan.

    Jadi, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk memberi tahu siapa saja yang mencari pemberi pinjaman pribadi di Internet yang pasti akan menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui e-mail {ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM}Anda dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan bantuan atau Anda ingin bertanya tentang bagaimana saya mendapat pinjaman.Ini email saya: [ewitayuda1@gmail.com]Terima kasih, pengikut saya

    ReplyDelete
  7. "ISKANDAR LENDERS" telah meninggalkan komentar baru terhadap posting "Kontak":

    Hai semuanya, Nama saya Angga Annisa dan saya berbicara sebagai orang yang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya secara finansial dipukul tanpa harapan akan bantuan apa pun, tetapi ceritanya akan segera berubah ketika saya bertemu dengan Ibu. Saya sangat senang untuk mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp.700juta untuk memulai hidup saya di sekitar karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia tampak seperti itu tergantung pada saya sampai Tuhan mengirim saya kepada sebuah perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Tuhan, ISKANDAR LENDERS, mereka adalah Juruselamat Tuhan yang dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700 juta dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Bunda Iskandar melalui email. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik

    Contact Details:

    e_mail Address:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com>>>>
    WhatsApp:::+6282274045059
    Company::Iskandar Lenders"""""
    Loan Amount:::Rp.700juta
    Name:::::Angga Annisa
    Country::::Indonesia
    Occupation:Trader
    Year:April,2020

    Jumlah minimum>>>>>>Rp.100 juta
    Jumlah maksimum>>>>>Rp.100 miliar

    ReplyDelete