Monday, August 22, 2016

konsultan pengawas berkurang waktu pelaksanaan kontraknya

Sehubungan dengan lelang jasa konsultansi pengawas bangunan gedung dapat disampaikan sbb :

Dalam dokumen lelang konsultan pengawas pembangunan gedung melalui seleksi sederhana disebutkan bahwa waktu pelaksanaan selam 5 bulan.
Pemenang lelang telah ditunjuk namun belum dilakukan penandatangan kontrak
Penandatanganan kontrak direncanakan sama dengan waktu pelakanaan jasa konstruksi pembangunan gedung kantor yang diawasi

Dalam proses lelang konstruksi pembangunan gedung terjadi pengurangan waktu pelaksanaan yang diakibatkan karena gagal lelang . (waktu pelaksanaan pembangunan gedung 4 bulan)
yang igin kami tanyakan adalah >;

Dalam penandatanganan kontrak awal jasa konsultan, apakah waktu pelaksanaan dapat dilakukan selama 4 bulan (sama dengan waktu pelaksanaan konstruksi) bukan 5 bulan seperti yang tercantum dalam dolumen lelang pengawasan (apabila selama 5 bulan akan melebihi tahun anggaran)
bagaimana besaran nilai kontrak  konsultan pengawas, apakah sesuai dengan nilai kontrak seperti yang tercantum dalam pengumuman lelang atau disesuaikan dengan waktu pelaksanaan kontrak (man/month)
Apabila nilai kontrak  sesuai dengan waktu pelaksanaan perlukan dibuat addendum kontrak.
Mohon penjelasannya...terima kasih

Respon :

1. kontrak konsultan pengawas agar menggunakan kontrak harga satuan, sehingga kontrak yang semula 5 bulan dapat diubah sesuai kebutuhannya seperti 4 bulan
2. tidak diperlukan adendum kontrak, karena kontraknya belum dibuat, maka dibuat kontrak sesuai waktu yang ada yaitu 4 bulan dengan nilai kontrak 4 juga ( bukan senilai 5 bulan )

Misal 5 bulan Rp. 100.000 menjadi 4 bulan rp, 80.000

1 comment:

  1. Mohon Pencerahannya.
    Hal-hal apa yang perlu disiapkan sebagai administrasi tentang justifikasi teknis akan perubahan waktu pelaksanaan dan nilai kontrak tersebut.
    Mohon juga contoh Berita Acara / Justifikasi Teknis / Dasar Perubahan nilai kontrak....

    ReplyDelete