Monday, May 20, 2013

Biaya Langsung Non Personil melebihi 40%



Biaya Langsung Non Personil dalam pekerjaan konsultan pada prinsipnya tidak melebihi 40%  dari total biaya, kecuali untuk jenis pekerjaan konsultansi yang bersifat khusus, seperti:
pekerjaan penilaian aset, survei untuk memetakan cadangan minyak bumi, pemetaan udara, survei lapangan, pengukuran, penyelidikan tanah dan lain-lain. (Perka 14 tahun 2012)

Dalam hal di suatu pekerjaan konsultan ada bagian-bagian pekerjaan yang memerlukan perjalanan atau survei sehingga banyak dilakukan dilapangan, yang berarti akan banyak pembiayaan yang akan melebihi 40% maka hal tersebut dapat dilakukan melebihi 40%.
Untuk item-item seperti pengadaan barang agar dikeluarkan sebagai pengadaan barang tersendiri atau dipisahkan dari pengadaan konsultan. Demikian juga untuk  item-item jasa lainnya yang bernilai significant yang mengakibatkan nilai biaya langsung non personil akan melebihi 40%, agar dibuat pengadaan jasa lainnya secara tersendiri.

5 comments:

  1. Klo untuk perencanaan jalan dan jembatan apa biaya lsg non personil tetap harus maksimal 40 persen, atau masuk dalam kekecualian pak Mudji?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Konsultan perencanaan harus maksimal 40% non personil juga.

      Delete
  2. Klo untuk perencanaan jalan dan jembatan apakah masuk dalam kriteria perencanaan khusus atau tetap harus mengacu kpd komposisi maksimal biaya non personil 40 % pak Mudji?

    ReplyDelete
  3. Klo untuk perencanaan jalan dan jembatan apakah masuk dalam kriteria perencanaan khusus atau tetap harus mengacu kpd komposisi maksimal biaya non personil 40 % pak Mudji?

    ReplyDelete
  4. kalau untuk jasa konsultansi itu biaya personilnya Maksimal berpa?

    ReplyDelete