Thursday, May 3, 2018

E-Reverse Auction

E-Reverse Auction , penyampaian penawaran kembali
Ada empat skema mengenai hal ini.
.      
Dalam tender penyedia diberi kesempatan untuk menyampaikan harga berkali kali dalam waktu tertentu.

2. Dalam tender semua penyedia di minta untuk menyampaikan penawaran harga. Kemudian berdasar penawaran harga yang masuk dianalisa dan dapat dibuat HPS baru yang turun harganya.
Berdasar HPS  yang baru, para penyedia diminta kembali menyampaikan harga penawaran.

3.   Dalam Tender ada penawaran termurah yang sama harganya dari dua atau beberapa penyedia. Terhadap hanya penyedia termurah yang sama harganya diminta untuk melakukan penawaran harga kembali dengan HPS adalah harga penawaran yang sama tadi.

4. Dalam tender hanya diikuti oleh dua penawar saja, maka tender dapat dilanjutkan dengan menyampaikan penawaran harga kembali dengan merujuk HPS dari harga penawar yang paling murah.

Bagaimana penggunaan E-reverse Auction dalam P1618, kemungkinan  akan digunakan di Skema 3 dan 4 atau ada skema lain. Mari kita tunggu juknis dan aplikasinya.

Pepres 16 tahun 2018 Pasal 1  angka 42

E-reverse Auction adalah metode penawaran harga secara berulang
Pasal 50 ayat (11)
Penawaran harga dapat dilakukan dengan metode penawaran harga secara berulang (E-reverse Auction).

TULISAN PER TANGGAL  15 AGT 2018 SEBAGAI BERIKUT :

TERNYATA berdasarkan Per LKPP No. 9 tahun 2018  :


E-reverse Auction
Dalam hal terdapat 2 (dua) penawaran yang lulus administrasi teknis, Peserta dapat diberikan kesempatan untuk berkompetisi kembali dengan cara menyampaikan penawaran harga lebih dari 1 (satu) kali dan bersifat lebih rendah dari penawaran sebelumnya.

Pokja Pemilihan mengundang Peserta melakukan E-reverse Auction dengan mencantumkan jadwal pelaksanaan. Peserta menyampaikan penawaran berulang dalam kurun waktu yang telah ditetapkan.

Peserta menyampaikan penawaran harga melalui fitur penyampaian penawaran pada aplikasi SPSE atau sistem pengaman dokumen berdasarkan alokasi waktu (batch) atau secara real time sebagaimana yang ditetapkan dalam dokumen.

Setelah masa penyampaian penawaran berakhir maka sistem akan menginformasikan peringkat dapat berdasarkan Urutan Posisi Penawaran (positional bidding) secara real time sebagaimana yang ditetapkan dalam dokumen. 

Mohon pencerahan pak, di perpres 16 thn 2018, apakah masih ada pasal yang menerangkan tentang  
*apabila penawaran yang masuk kurang dari 3 (tiga) peserta, pemilihan penyedia dilanjutkan dengan dilakukan negosiasi teknis dan harga/biaya* ?

Tidak ada

Berdasar Per LKPP 9 2018
Kalau yang masuk dua maka dievaluasi bila keduanya lulus administrasi dan teknis maka dilanjut dengan reverse auction

Bagaimana kalau satu penawaran yang masuk ?
Kalau lulus administasi dan teknis maka selanjutnya dilakukan negosiasi.

Karena fitur reverse auction belum ada ( ada nanti di spse 43 )

Maka di dokumen pengadaan agar ditulis dilakukan dengan negosiasi dalam hal yang lulus administrasi dan teknis hanya dua , selanjutnya siapa yang termurah setelah dinego maka dia menjadi pemenangnya.

57 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Terinma kasih P. atas Penjelasannya ......

    ReplyDelete
  3. kalo penawar ada 2, namun yang lulus administrasi dan teknis hanya 1, apakah tetap dilanjutkan dengan reverse auction atau hanya negosiasi dengan yang lulus administrasi dan teknis??

    ReplyDelete
  4. Kalau penawarannya justru lebih tinggi dari penawaran sebelumnya, apa diperbolehkan pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksud nya Pak? Setelah tender ulang, penawarannya lebih tinggi daripada penawaran sebelumnya yya?

      Delete
  5. jadi ini menurut pengertianku, sama dengan SPSE4,cuman di SPSE4.3 ini setelah lulus verifikasi masih di beri kesempatan untuk adu harga dengan sesama rekana yg lulus. tentunya ini merugikan buat rekanan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Pak..Sangat Rugi Pak...Harusnya Tifak Boleh Begitu....sekali Lelang Yah Harga Itu kan Pak...Jangan diulang Lagi

      Delete
  6. katanya reverse auction, koq penawaran sebelumnya tidak bisa tertimpa?! bagaimana mau menawar beulang-ulang

    ReplyDelete
  7. Dalam tender tidak ada penawaran yang sama harga, namun ada 5 penawaran setelah di evaluasi penawaran urutan ke 4 dan 5 yg sesuai spesifikasi, apakan penawara ke 4 dan 5 melakukan E-Reserve Auction??

    ReplyDelete
  8. Bolehkan pokja membuat ketentuan dalam dok.pengadaan penyampaian reverse auction secara manual,sebab masih menggunakan spse 3.6?

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Panitia sudah mengumumkan tahap BERITA ACARA HASIL PEMILIHAN dan ditetapkan 3 Pemenang..Lha koq tiba tiba mau diadakan REVERSE AUCTION...mohon pencerahannya..

    ReplyDelete
  11. kalau memakai aplikasi 4.3 kapan vitur reverse auction muncul setelah evaluai edministrasi dan teknis atau setelah pembuktian kualivikasi

    ReplyDelete
  12. Kalo sudah sudah lulus administrasi teknis, dan sebelum nya kami peringkat 1, tapi kamu tidak mendapat undangan untuk e reverse auction, bahkan tidak ada dalam jadwal pelaksanaan, kemudian kami jadi peringkat 2 karna tidak mengikuti reverse auction, karna tidak mendapat undangan, dan tidak ada dalam jadwal, apakah lelang nya nya sah? Ari dapat kami sanggah?

    ReplyDelete
  13. Perka LKPP No. 9 thn 2018 menyatakan E-reverse Auction dapat dilaksanakan sbg tindak lanjut yang hanya terdapat 2 penawaran yang lulus evaluasi teknis untuk berkompetisi kembali dengan cara menyampaikan penawaran harga lebih dari 1 kali dan bersifat lebih rendah dari penawaran sebelumnya.

    Pertanyaan
    1. Pada pelelangan kosntruksi, seandainya yang lulus sampai dengan pembuktian kualifikasi hanya ada 2 peserta, apakah e-reverse auction dilakukan?

    2. Apabila dalam dokumen pemilihan telah mencantumkan "Dalam hal hanya terdapat 2 (dua) penawar yang dinyatakan lulus administrasi, teknis, dan kualifikasi, Peserta dapat diberikan kesempatan untuk berkompetisi kembali dengan cara menyampaikan penawaran harga lebih dari 1 (satu) kali dan bersifat lebih rendah dari penawaran sebelumnya." Apakah dokumen pemilihan benar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal, Apa yg di maksud dengan reverse auction dan apa saja yg perlu kita siapkan ya? Trimksh

      Delete
  14. Ada gambaran dari apendo atau spse 4.3 tidak untuk e-reserve action

    ReplyDelete
  15. Penawaran
    Harga Secara
    Berulang (e-
    reverse
    auction)

    ReplyDelete
  16. Selamat pagi mohon pencerahan apa bila reverse auction hanya menyebutkan jumlah total tanp[a ada rincian harga barang apakah bisa digugurkan walaupun dengan penawaran terendah..

    ReplyDelete
  17. apabila 2 penyedia lulus evaluasi teknis, apakah di wajibkan melakukan E-reverse Auction

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak wajib.. karna bahasa nya "dapat"

      Delete
    2. ya,,, karena muncul dengan sendirinya ketika hanya 2 yang lulus.. pokja hanya bisa mengatur jadwal/waktu reverse auction

      Delete
  18. Kalo tidak memasukkan reserve auction akan menggugurkan penawaran ?

    ReplyDelete
  19. Kalo tidak memasukkan reserve auction akan menggugurkan penawaran ?

    ReplyDelete
  20. Kalo tidak memasukkan reserve auction akan menggugurkan penawaran ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak, namun harga yg digunakan sistem untuk penentuan penawar terendah adalah penawarannya sebelum e reverse auction.

      Delete
  21. apakah setelah e-reverse auction perlu ada evaluasi lagi? meskipun sudah tertera urutan pada kolom e-reverse auction

    ReplyDelete
  22. SETELAH REVERSE AUCTION TERJADI PENAWARAN HINGGA DIBAWAH 80% DARI HPS, DAM SETELAH DILAKUKAN KOREKSI ARIMATIKA DINYATAKAN HARGA PENAWARAN TIDAK WAJAR, APAKAH BISA DI GUGURKAN?

    ReplyDelete
  23. Mohon banguannab Kalo yang lolos evaluasi administrasi dan teknis 3 penyedia...tapi yang datang pembuktian kualifikasi 2 penyedia, apakah perlu di lakukan reverse auction? Mohon yang bisa bantu menjawab.

    ReplyDelete
  24. mohon pencerahan pak... jangka waktu penawaran berulang di aplikasi bagusnya berapa jam ya?

    ReplyDelete
  25. Kenapa Dibuat Aturan Soal Reverse Auction Lagi Pak...Dalam Hal Lelang Siapa Terendah Yg Lolos Semua , Yah dialah Yang Menang saja Kan

    ReplyDelete
  26. Apakah lelang makanan dan minuman bisa di reserve auction?

    ReplyDelete
  27. Dear admin
    Ada yg hendak sy tanyakan, pada lelang paket pekerjaan, hanya ada 2 peserta yang memasukkan penawaran, apakah perlu dilakukan reverse auction jika salah satu peserta tidak hadir pada saat pembuktian kualifikasi?

    ReplyDelete
  28. bagaimana kalau waktu dalam reverse auction di buat waktunya nol jam

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. Apakah Reverse Auction wajib dilaksanakan jika penawaran yg memenuhi syarat hanya 2. atau bisa ya bisa tidak dgn alasan tertentu. Mohon penjelasannya

    ReplyDelete
  31. sytem reverse auction menurut saya adalah lemah, karena begitu kita input bq yg banyak ternyata tidak ada hasil reportnya, tidak tersave. apakah di system itu ada time outnya..karena begitu penawaran terikirim...klik salaih satu menu makan akan sign out..dan bq kembali blank, dan mau ketik bq lg waktu udh habis.,

    ReplyDelete
  32. Gimn klo waktu pengumumanleang blom pake perpres 16 thn 2018, setelah selesai pembuktian kualifikasi diterapkan perpres 16 thn 2018 tentang reverse auction.. mksh..

    ReplyDelete
  33. apakah ada contoh berita acara hasil reverse auction?

    ReplyDelete
  34. E reverse auction dilakukan pada saat setelah pembuktian apabil 2 penawaran lulus yach pak? Atau sblm pembuktian. Makasih

    ReplyDelete
  35. Dikatakan Reverse Auction jika hanya 2 penyedia yg lulus ev. administrasi dan teknis. Bgmn dgn evaluasi kualifikasi Pak. dalam tender kami, misalnya, yg lulus adm dan teknis sebanyak 3 penyedia, lulus kualifikasi 2 penyedia dan kami lanjutkan dgn Reverse Auction. Sanggahan penyedia (salah satu yg lulus kualifikasi tp kalah RA) adalah seharusnya tdk RA tp diperingkat harga terendah. Mohon pencerahannya pak

    ReplyDelete
  36. pak, apabila ada penyedia menyanggah hasil lelang dengan alasan karena tim pokja tidak menghubungi untuk melakukan reverse auction, apakah hal ini dibenarkan ?
    apakah ada ketentuan yg mengatur cara konfirmasi pokja kepada penyedia ? karena pokja sudah menginformasikan lewat aplikasi SPSE, apakah ini blm cukup? apakah harus melalui telpon dan email jg ? terimakasih

    ReplyDelete
  37. 1. Apakah proses saling menawar dlm sistim ereverse auction tsbt transparan/muncul pd akun penyedia shga kedua penyedia bisa saling mengetahui harga penawaran lalu saling menawar sampai batas waktu yg disediakan?
    2. Langkah apa yg akan dilakukan selanjutnya oleh panitia lelang apabila kedua penyedia yg lulus dokumen teknis dan kualifikasinya tdk mengirimkan/keduanya gagal mengirimkan ereverse auction-nya kpd panitia lelang/pokja? Tks.

    ReplyDelete
  38. Malam pak di daerah saya menang tender dalam 1 paket yang sama 3 rekanan dan semaua ke 3 rekanan menjadi pemenang mohon penjelasan

    ReplyDelete
  39. Penggunaan waktu tertentu pada reseve auction bisa digunakan oleh pokja memuluskan calon rekanan pilihannya...misalkan..undangan terbit jam 15.12 dan batas waktu penyampaian 15.30 sd 16.15..karena dengan tidak diketahuinya jadwal kapan ada undangan maka rekanan yang bukan pilihan pokja tentunya akan tersingkir bila tidak setiap saat membuka portal lpse..dan pastnya pokja telah memberitahu sehari sebelum pelaksanaan auctin Reserve...sebaiknya pokja menentukan jadwal pasti pelaksanaan Reserve Auction pada Jadwal Utama

    ReplyDelete
  40. Memasukkan harga lebih tinggi dari harga sebelumnya apakah bisa ?

    ReplyDelete
  41. mohon petunjuk, Bagaimana bila ada 4 peserta penawar yang lulus evaluasi Administrasi dalam satu paket pekerjaan. Sedangkan dalam tahap pembuktian kualifikasi peserta pada peringkat 1 & 2 tenaga yang mereka tawarkan sudah digunakan pada paket pekerjaan yang lain. hal tersebut apakah bisa menyebabkan proses e reverse auction?

    ReplyDelete
  42. Pemberitahuan kapada peserta tender reverse auction via email apakah mungkin pemberitahuan jam 9 lalu reverse auction mulai jam 10?

    ReplyDelete
  43. Batas waktu pemberitahuan harusnya 1 hari sebelumnya reverse auction mulai. Bukan dadakan

    ReplyDelete
  44. Waktu dihanya diberi 5menit..akir gakada yg memasuk ternyata pokja umum kan harga penawaran asli..revese auction..tidak dilaksanakan..apa benar kerja pokja begitu?....

    ReplyDelete
  45. Apakah Reserve Auction dapat dilaksanakan setelah pembuktian kualifikasi?

    ReplyDelete
  46. Selamat Sore,Apakah Reserve Aution dapat dilakukan dalam waktu Nol Detik?
    contohnya dari pulul 13.30 sampai 13.30?
    apakah itu tidak menyalahin aturan?

    ReplyDelete